Pembelajaran Mengenal Konsep Bilangan Matematika pada Anak

  • Drajat Stiawan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
  • Nur Mustaqimah Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
Keywords: Learning, Number Concepts, Mathematics

Abstract

  Pada tahap pra operasional anak mulai menunjukan proses berfikir yang jelas serta anak mulai mengenali beberapa simbol, tanda, bahasa, dan gambar. Konsep bilangan menjadi sangat penting karena merupakan konsep matematika yang harus dikuasai oleh anak, karena akan menjadi dasar bagi penguasaan konsep matematika selanjutnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di PAUD Bugenvil kebulen pekalongan barat serta kendalanya. Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dengan model analisis milles dan huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di PAUD Bugenvil Kebulen dengan menggunakan media piring angka, media pom-pom, dan media kartu angka bergambar. Dengan media-media tersebut anak-anak mampu mengenal konsep bilangan, meskipun masih terdapat 3 anak yang belum optimal dalam mengembangkannya, namun ada 5 anak yang kemampuan dalam mengenal konsep bilangan berkembang dengan adanya penerapan dengan media-media tersebut. Walaupun masih terdapat kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran mengenal konsep bilangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Coral Seefeldt, Barbara A. wasik (2008) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Mahyuni, D. G. (2016) ‘Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Stik Angka Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif’, Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), p. 3.

Masganti (2017) Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.

Ramaini (2014) ‘Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar di TK Negeri Pembina Lubuk Basung”’, Jurnal Pesona PAUD, 1(1), p. 4.

Sugiono (2014) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2009) Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susanto, A. (2012) Perkembangan Anak Usia Dini,. Jakarta: Fajar Interpratama.

Suyanto, S. (2005) Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising.

Yunus, A. (2011) Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2021-10-12
Abstract viewed = 473 times
pdf downloaded = 377 times