Pembelajaran Mengenal Konsep Bilangan Matematika pada Anak
Keywords:
Learning, Number Concepts, Mathematics
Abstract
Pada tahap pra operasional anak mulai menunjukan proses berfikir yang jelas serta anak mulai mengenali beberapa simbol, tanda, bahasa, dan gambar. Konsep bilangan menjadi sangat penting karena merupakan konsep matematika yang harus dikuasai oleh anak, karena akan menjadi dasar bagi penguasaan konsep matematika selanjutnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di PAUD Bugenvil kebulen pekalongan barat serta kendalanya. Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dengan model analisis milles dan huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di PAUD Bugenvil Kebulen dengan menggunakan media piring angka, media pom-pom, dan media kartu angka bergambar. Dengan media-media tersebut anak-anak mampu mengenal konsep bilangan, meskipun masih terdapat 3 anak yang belum optimal dalam mengembangkannya, namun ada 5 anak yang kemampuan dalam mengenal konsep bilangan berkembang dengan adanya penerapan dengan media-media tersebut. Walaupun masih terdapat kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran mengenal konsep bilangan.Downloads
Download data is not yet available.
References
Coral Seefeldt, Barbara A. wasik (2008) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Mahyuni, D. G. (2016) ‘Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Stik Angka Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif’, Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), p. 3.
Masganti (2017) Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.
Ramaini (2014) ‘Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar di TK Negeri Pembina Lubuk Basungâ€â€™, Jurnal Pesona PAUD, 1(1), p. 4.
Sugiono (2014) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2009) Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Susanto, A. (2012) Perkembangan Anak Usia Dini,. Jakarta: Fajar Interpratama.
Suyanto, S. (2005) Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising.
Yunus, A. (2011) Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mahyuni, D. G. (2016) ‘Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Stik Angka Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif’, Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), p. 3.
Masganti (2017) Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.
Ramaini (2014) ‘Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar di TK Negeri Pembina Lubuk Basungâ€â€™, Jurnal Pesona PAUD, 1(1), p. 4.
Sugiono (2014) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2009) Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Susanto, A. (2012) Perkembangan Anak Usia Dini,. Jakarta: Fajar Interpratama.
Suyanto, S. (2005) Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising.
Yunus, A. (2011) Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2021-10-12
Section
Articles
An author who publishes in Circle: Jurnal Pendidikan Matematika agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).