Pengembangan Media Manipulatif Papan Lingkungan Statistika Berbasis Pendekatan STEM untuk Siswa SD

  • Eka Sulistyawati Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Nova Andini Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Asma Anvalul Mala Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Wismar Sekar Rahayu Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Nafi’ Rahmasari Institut Agama Islam Negeri Kediri
Keywords: Media Manipulatif, Pemahaman Konsep, STEM

Abstract

  Penggunaan media manipulatif dan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) adalah salah satu upaya untuk menghubungkan beberapa bidang ilmu dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media manipulatif yang valid, praktis dan efektif sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi Pengumpulan dan Penyajian Data. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menerapkan model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Data kualitatif dan kuantitatif hasil penelitian diperoleh dari lembar validasi media dan materi, lembar kepraktisan dan angket respon siswa terhadap media pembelajaran serta lembar soal. Hasil penelitian mengenai penggunaan media pembelajaran manipulatif yang dikembangkan memenuhi kategori layak dan dapat digunakan berdasarkan hasil validasi media dan materi dengan rata-rata presentase sebesar 88,75%, praktis dan efektif membantu siswa memahami konsep pada materi Pengumpulan dan Penyajian Data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media Manipulatif. VI, 73–89.

Amir MZ, Z. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. XII No 1, 14–31.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Badan Standar Nasional Pendidikan.

Dwi Sari, N., & Setiawan, J. (2020). Papan Gekola Sebagai Media Pembelajaran Matematika Yang Inovatif dengan Pendekatan STEAM. Jurnal Saintika Unpam : Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 3(1), 31. https://doi.org/10.32493/jsmu.v3i1.4728

Fadhila El Husna, Fitriani Dwina, & Dewi Murni. (2014). Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemamupan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. 3 (1) dan 3 (2), 26–30.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 10.

Gebremichael, A.T. (2014). Students’ Perception About the Relevance of Mathematics to Other School Subjects. Proceedings of the Frontiers in Mathematics and Science Education Research Conference, 2, 70–78.

Hidayah, I. (2018). Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Gerakan Literasi Sekolah. 11.

Hidayah, I., Dwijanto, Istiandaru, A. (2018). Manipulatives and Qesution Series for Elementary School Mathematics Teaching on Solid Geometry. International Journal of Instruction, 11(3), 649–662.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika. Pena Salsabila.

İbili, E., Çat, M., Resnyansky, D., Şahin, S., & Billinghurst, M. (2020). An Assessment Of Geometry Teaching Supported with Augmented Reality Teaching Materials to Enhance Students’ 3D Geometry Thinking Skills. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 51(2), 224–246. https://doi.org/10.1080/0020739X.2019.1583382

Indriani, K. W. ade. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Proyek Terintegrasi STEM. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 51. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2462

Kay, R., & Knaack, L. (2008). Investigating the Use of Learning Objects for Secondary School Mathematics. Interdiciplinary Journal of E-Learning and Learning Objects, 4(1), 269–289.

Mahmudah, R. (2016). Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Menggunakan Bahan Manipulatif dalam Pembelajaran Kooperatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Ogan, C., Ibibio, G., Otikor., & Sanderson, M. (2016). Practical utility of mathematics concepts among senior secondary school students in rivers state. European Journal of Mathematics and Computer Science, 3(1), 15–22.

Purnama, Martini Dwi, Edy Bambang Irawan, & Cholis Sadijah. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan dan Operasinya Bagi Siswa Kelas I SDN Gadang 1 Kota. 1 (1), 46–51.

Purwadi, I.M.A., Sudiarta, I.G.P., & Suparta. I. N. (2019). The effect of Concrete-Pictorial-Abstract strategy toward students’ mathematical conceptual understanding and mathematical representation on fraction. International Journal of Instruction, 12(1), 1113–1126.

Purwanti, D. (2019). Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. 5(1).

Rahmadhani, E., Wahyuni, S., & Mandasari, L. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Matematika Berorientasi REACT dan STEM. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 615. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.2986

Sriyanto. (2007). Strategi sukses menguasai Matematika. PT. Buku Kita.

Sudono Anggani. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan. PT Grasindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV ALFABETA.

Sukmana, R. W. (2017). Pendekatan Science, Technology, Engineering, and, Mathematics (STEM) Sebagai Alternatif Dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. II (2), 191–199.

Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik –Manik Dan Sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sd Dinoyo 1 Malang. 10 (2).

Sulistyawati, E., Faizah, L., Nisa, I., & Putra, I.G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis STEM Rumah Hidrolik Ditinjau dari Hasil Belajar dan Respon Siswa Terhadap Matematika. Focus ACTion of Research Mathematics, 3(2), 125–138.

Sulistyawati, E., Puspitasari, D., Saidah, Z.N., & Rofiqoh, I. (2021). Manipulative Learning Media Based on STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) to improve student learning outcomes. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 9(1), 1–13.

Sumarni, S. (2006). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada.

Woodard, T. (2004). The Effects of Math Anxiety on Post-Secondary Developmental Students as Related to Achievement, Gender And Age. Inquiry, 9(1), 1–5.
Published
2022-03-18
Section
Articles
Abstract viewed = 259 times
PDF downloaded = 154 times