Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Saat Pandemi Covid-19 pada Pelajaran Matematika

  • Dian Ivana Dewi UIN Walisongo Semarang
  • Budi Cahyono Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Dyan Falasifa Tsani Universitas Islam Negeri Walisongo
Keywords: Pembelajaran Tatap Muka, Matematika, Covid-19

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di MAN 1 Jepara, kendala yang dialami selama PTM dan upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas XI IPA 1. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan PTM di MAN 1 Jepara berjalan sangat baik di mana sarana dan prasarana yang disediakan sudah memenuhi ketentuan yang ditetapkan pemerintah, meskipun dalam pelaksanaannya muncul beberapa kendala seperti keterbatasan waktu, tidak adanya LKS sebagai pendamping, dan guru kesulitan menyampaikan materi yang terbagi antara daring dan tatap muka. Akan tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan mengambil materi esensi dan lebih memperhatikan pelajaran, membuat soal sendiri ataupun membeli buku dan mempersiapkan pembelajaran daring sebelum PTM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Basicedu, 5, 3814–3821.

Anhusadar, L. O., & Shaleh, M. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158–2167.

Basar, A. M. (2020). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 ( studi kasus di SMPIT Nurul Fajri - Cikarang Barat – Bekasi). Ilmiah Pendidikan, 2.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. (2021). Pedoman Singkat Persiapan dan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Satuan Pendidikan Sesuai Kebiasaan Baru.

Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Efendy, A. (2021). Perbandingan Pembelajaran Matematika Secara Daring dan Pembelajaran Matematika Secara Luring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii MTS Guppi Pagar Alam.

Handika, D., Priyanto, W., & Listyarini, I. (2021). Analisis Pembelajaran Blended Learning Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Kendalsari Pemalang. Dimensi Pendidikan, 17(2).

Ida, W., Tasrif, & Arif. (2020). Penerapan New Normal dalam Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah. Pendidikan Sosiologi, 3(2).

Jamilah, N. R. (2020). Pembelajaran Matematika Semester Ganjil Selama Pandemi Covid-19 di MTS AL-Hidayah.

Kemendagri. (2021). Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 2021.

Kemendikbud. (2021). Buku Saku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19). Kemendikbud.go.id.

Kemendikbudristek, D. P., Kemendikbudristek, D. G., Kemenag, D. P., SPAB, INOVASI, UNICEF, Kebijakan, P. S. P. dan, Belajar, Y. G., Foundation, T., & J-PAL. (2021). Panduan penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi Covid-19.

Kemenkes. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Kemendikbud, 1–58. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/buku-saku-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19

Nugroho, M. M., Syamsuar, A., Syamsuar, A., Yunaryo, H. M. A., Pramesti, L. A., Nurrudin, M., Darmamulia, M. A.,

Fasya, R. A., Haniffah, S. H., Gaol, S. I. P. L., & Ernawati, E. (2020). Analisis Kesiapan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka di Indonesia Pada Tahun 2021. Journal Publicuho, 3(4), 523. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i4.15522

Parwanto, E. (2021). Virus Corona (SARS-CoV-2) penyebab COVID-19 Kini Telah Bermutasi. Biomedika dan Kesehatan, 4.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV Sarnu Untung.

Septiani, I. S. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Siswa Kelas Iv Min 1 Kota Bengkulu.
Published
2022-03-22
Section
Articles
Abstract viewed = 275 times
PDF downloaded = 195 times