Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites pada Materi Deret Aritmatika

  • Margaretha Vonita Ciung 3Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Istiqomah Istiqomah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Irham Taufiq Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: Media Pembelajaran, Deret Aritmetika, Google Sites

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis  google sites pada mata pelajaran matematika  materi deret aritmatika untuk siswa SMA dan mengetahui kelayakan media berbasis google sites yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE yaitu  Analysis, Design, Development, Implementation, and evaluation. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa  kelas XI di SMA Piri 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli dan angket respon siswa dengan melakukan uji coba lapangan terbatas. Teknik  analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah media pembelajaran matematika  berbasis google sites materi deret aritmetika dengan alamat  https://sites.google.com/view/deretaritmatika/home-math. Pengujian kelayakan menunjukkan media pembelajaran layak digunakan. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,1 dengan kategori baik, sedangkan hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik dan hasil respon peserta didik memperoleh skor rata-rata 3,7 dengan kategori baik. Oleh karena itu, penelitian ini layak digunakan dengan menggunakan uji coba lapangan terbatas dan disarankan untuk melanjutkan penelitian pada uji coba lapangan utama dan memperluas penelitian dengan materi lainnya sehingga penggunaan google sites sebagai media pembelajaran semakin luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. Jekpend: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(1), 27–33.

Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.

Setyawan, B. (2019). Pengembangan Media Google Site dalam Bimbingan Klasikal di SMAN 1 Sampung. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri (e-Journal), 6(2), 78–87.

Sugiono, S., & Kuntjojo, K. (2016). Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255–276.

Utaminingsih, C. D. T. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Dalam Materi Pecahan Untuk Kelas 5 Sd. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 408–419.
https://sites.google.com/view/deretaritmatika/home-math.
Published
2022-03-22
Section
Articles
Abstract viewed = 281 times
PDF downloaded = 266 times