Pengaruh Motivasi Belajar dan Self Confidence terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Pekalongan
Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Motivasi Belajar, Self Confidence
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Pekalongan. (2) pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Pekalongan. (3) pengaruh motivasi belajar dan self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Pekalongan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel pada kelas VII B sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Hasil analisis regresi linear berganda data motivasi belajar dan self confidence secara Bersama-sama terhadap hasil belajar matematika diperoleh persamaan regresi dengan koefisien determinasi ( sebesar 0,333 atau 33,3%. Maka, terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Pekalongan.Downloads
Download data is not yet available.
References
Ameliah I. H., Munawaroh, M & Muchyidin, A. 2016. Pengaruh Keingintahuan dan Rasa Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII Mts Negeri 1 Kota Cirebon. Eduma, 5(1), 9 – 21. http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v5i1.598
Fenti, Sudia, M & Kadir. 2020. Pengaruh Motivasi Belajar dan Tingkat Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Amal Pendidikan, 1(1), 31 – 41. http://dx.doi.org/10.36709/japend.v1i1.11433
Keban, M. R., Nahak, S & Kelen, Y, P, K. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Saintek Lahan Kering, 1(1), 17 – 18. https://doi.org/10.32938/slk.v1i1.440
Lestari, W. 2017. Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76 – 84. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499
Malinda, P & Minarti, E, D. 2018. Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1829 – 1837. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.176
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Zamsir, Masi, L & Fajrin, P. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170 – 181. https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v6i2.2070
Fenti, Sudia, M & Kadir. 2020. Pengaruh Motivasi Belajar dan Tingkat Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Amal Pendidikan, 1(1), 31 – 41. http://dx.doi.org/10.36709/japend.v1i1.11433
Keban, M. R., Nahak, S & Kelen, Y, P, K. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Saintek Lahan Kering, 1(1), 17 – 18. https://doi.org/10.32938/slk.v1i1.440
Lestari, W. 2017. Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76 – 84. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499
Malinda, P & Minarti, E, D. 2018. Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1829 – 1837. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.176
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Zamsir, Masi, L & Fajrin, P. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170 – 181. https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v6i2.2070
Published
2022-03-31
Section
Articles
An author who publishes in Circle: Jurnal Pendidikan Matematika agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).