Hubungan Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Motivasi Belajar Matemaika Siswa pada Pembelajaran Daring

  • Eli Ardianti Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi
Keywords: Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa motivasi yang ada pada diri siswa ada hubungannya dengan bagaimana siswa tersebut melakukan kebiasaan dalam belajarnya. Hal tersebut semakin diperkuat dengan dampak dari wabah virus korona (Covid-19) yang merubah sistem pembelajara menjadi daring, dan menyebabkan siswa harus menyesuaikan dengan kebiasaan belajar yang baru. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat seberapa besar hubungan kebiasaan belajar dengan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran daring di kelas VIII SMP IT Cahaya Hati Bukittinggi. Data yang diperoleh bersumber dari observasi, dokumentasi, dan angket. Populasi berjumlah 37 orang dan semua dijadikan sebagai sampel (penelitian populasi). Instrument penelitian menggunakan angket dengan model Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan kebiasaan belajar dengan motivasi belajar siswa, dengan nilai korelasinya (rx =0,649), signifikansi menggunakan uji-t diperoleh thitung = 5,047 > ttabel =1,691 pada taraf nyata a = 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar akan menentukan seberapa besar motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika secara daring, mengkonsistenkan kebiasaan belajar yang baik meskipun pembelajaran dilaksanakan secara daring  ini akan menjadi solusi untuk mempertahankan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika secara daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bifaqih, Y. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2). doi: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654.

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, Aris, S. (2020). Perilaku dan Karakteristik Peserta didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim: Jurnal Manajemen dan Pendidikan, 2(1), 107-108. Doi: 10.36088/manazhim.v2i1.638.

Hasanah, S., Abdurakhman, O., & Ichsan, M. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Study Habits Influence Motivation towards Learning Students. Didaktika Tauhidi 3(1), 44-47.

Mahmuda, Umi. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo. Skripsi : IAIN Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. http://repo.uinsatu.ac.id/10901/

Pohan, Albert, E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, Purwodadi-Grobongan: CV. Sarmu Untung.

Rahmat, Pupu, S. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmi, A. (2015). Diagnosis Kesulitan Belajar. Padang Panjang: P3SDM Melati Publising.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian: untuk guru – karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu; teori praktik dan penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadirman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitati. Jakarta: Bumi Aksara.

Syamsuddin. (2021). Dampak Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Inpres 1 Tatura Kota Palu. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1): 45-50. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.65

B. Uno, H. (2016). Teori Motivasi dan Penerapannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2022-09-28
Abstract viewed = 104 times
pdf downloaded = 48 times