Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bilangan Bulat Menurut Tahapan Kastolan di SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

  • Ujang Bowo Laksono Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Santika Lya Diah Pramesti Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Keywords: Analisis, Kesalahan Siswa, Teori Kastolan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa SMP N 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan menurut tahapan kastolan serta mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesikan soal matematika khususnya dalam materi bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah berupa instrumen tes, wawancara, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah analisis kesalahan siswa menurut tahapan kastolan yang meliputi kesalahan konsep, kesalahan prosedur, dan kesalahan teknik. kesalahan konsep seperti siswa salah dalam menentukan rumus atau teorema, kesalahan  prosedur seperti langkah-langkah pengerjaan yang kurang sistematis, kesalahan teknik seperti salah dalam operasi perhitungan. Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan ialah karena siswa kurang bisa memahami materi yang disampaikan secara online, tugas dari guru yang menumpuk dan tidak mengoreksi ulang dari hasil pengerjaannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashari, W, N., Salwah, & A, F. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Scaffolding Melalui Lesson Study pada Mata Kuliah Analisis Real. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 23–36. DOI: https://doi.org/10.31943/mathline.v1i1.10

Hudojo. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Common Textbook. Malang: FMIPA Jurusan Matematika.

N F Afdila, Y Roza, Maimunnah. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Konstektual Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan. Lemma, 5(1).

Noviani, J. (2019). Analisis Kesalahan Tahapan Kastolan dan Pemecahan Masalah Model Polya pada Mata Kuliah Matematika Finansial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 27-39. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.891

Aminah, S., Wijaya, T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29.

Atikasari, Fenti. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Analisis Newman Pada Pembelajaran Model PBL. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika. (Semarang: Universitas Negeri Semarang).

Sari, R, A., & Najwa, W, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Kastolan. JSD : Jurnal Sekolah Dasar. 6(1).

Fitriyah, I, M., et al. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Koordinat Cartesius Menurut Teori Kastolan. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 8(2). DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1002.

Published
2022-09-28
Abstract viewed = 125 times
pdf downloaded = 80 times