Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bilangan Bulat Menurut Tahapan Kastolan di SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa SMP N 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan menurut tahapan kastolan serta mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesikan soal matematika khususnya dalam materi bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah berupa instrumen tes, wawancara, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah analisis kesalahan siswa menurut tahapan kastolan yang meliputi kesalahan konsep, kesalahan prosedur, dan kesalahan teknik. kesalahan konsep seperti siswa salah dalam menentukan rumus atau teorema, kesalahan prosedur seperti langkah-langkah pengerjaan yang kurang sistematis, kesalahan teknik seperti salah dalam operasi perhitungan. Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan ialah karena siswa kurang bisa memahami materi yang disampaikan secara online, tugas dari guru yang menumpuk dan tidak mengoreksi ulang dari hasil pengerjaannya.Downloads
References
Ashari, W, N., Salwah, & A, F. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Scaffolding Melalui Lesson Study pada Mata Kuliah Analisis Real. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 23–36. DOI: https://doi.org/10.31943/mathline.v1i1.10
Hudojo. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Common Textbook. Malang: FMIPA Jurusan Matematika.
N F Afdila, Y Roza, Maimunnah. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Konstektual Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan. Lemma, 5(1).
Noviani, J. (2019). Analisis Kesalahan Tahapan Kastolan dan Pemecahan Masalah Model Polya pada Mata Kuliah Matematika Finansial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 27-39. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.891
Aminah, S., Wijaya, T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29.
Atikasari, Fenti. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Analisis Newman Pada Pembelajaran Model PBL. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika. (Semarang: Universitas Negeri Semarang).
Sari, R, A., & Najwa, W, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Kastolan. JSD : Jurnal Sekolah Dasar. 6(1).
Fitriyah, I, M., et al. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Koordinat Cartesius Menurut Teori Kastolan. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 8(2). DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1002.
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).