Efektivitas Penerapan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis pada Materi SPLDV
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya pemahaman konsep peserta didik pada materi SPLDV. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan metode true eksperimental design dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas VIII A, VIII B, dan VIII C pada MTs Hidayatul Mustafidin. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling didapatkan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil pelaksanaan pembelajaran kelas eksperimen menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematis. Pada uji gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan nilai kelas eksperimen sebesar 0,48 dengan interpretasi sedang, dan kelas kontrol sebesar 0,13 dengan interpretasi rendah. Penelitian ini mengindikasikan bahwa model Contextual Teaching and Learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk mengembangkan pemahaman konsep matematis pada materi SPLDV.Downloads
References
Achir, Y. S., Usodo, B., & Retiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) ditinjau dari Gaya Kognitif. Paedagogia. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16600.
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. Research Gate.
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Designing innovative, progressive, and contextual learning models (Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual). In Prenadamedia Group.
Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872.
Fitriani, Nur Laeli. (2017). Efektivitas Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII MTs N Brangsong Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. In Bandung: Refika Aditama.
Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477.
Lestari, M. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick berbantuan CD Pembelajaran terhadap Kemampuan Daya Nalar Siswa. Jurnal pendidikan matematika (kudus). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4877.
Nuraeni, N., Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis dan Tingkat Kepercayaan Diri pada Siswa MTs. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p975-983.
Rusyda, N. A., & Sari, D. S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching And Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Garis dan Sudut. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.243.
Sabroni, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. In Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2009). Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2010), hal. 389. In Coastal and Estuarine Processes.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Cetakan ke-4). Jakarta: Prenadamedia Group.
Copyright (c) 2022 Nusrotul Imamah, Arghob Khofya Haqiqi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).