Analisis Kemampuan Siswa dalam Penyelesaian Soal Pengayaan Model PISA Level 4 Kelas VII

  • Yulianti Kartika Sari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Arvin Efriani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: Model PISA, Pengayaan, Kualitatif Deskriptif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji cobakan soal pengayaan dengan menggunakan model PISA untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah soal pengayaan model PISA level 4  siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini dilakukan di SMP NU Palembang pada kelas VII 3 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2022. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pengayaan masalah dengan menggunakan model PISA yang berdasarkan metode penyelesaian polya, yang melalui empat tahapan, (1) tahap memahami masalah, (2) tahap merencanakan, (3) Tahap melaksanakan dan (4) tahap memeriksa kembali jawaban.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agasisti, Tommaso, and Pablo Zoido. 2018. Comparing the Efficiency of Schools through International Benchmarking: Results from an Empirical Analysis of OECD PISA 2012 Data. Educational Researcher 47(6):352–62.

Ambarwati, Bella, Nia Hoerniasih, and Agung Prasetyo Abadi. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar (change and Relationship) PISA. Prosiding Sesiomadika 1(1a).

Anggoro, Bambang Sri. 2015. Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 6(2):121–30. doi: 10.24042/ajpm.v6i2.25.

Angraini, Gustia. 2014. Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X Di Kota Solok. in mathematics and sciences forum 2014.

Depdiknas, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor. 2008. Sistem Penilaian KTSP: Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Remedial.

Dewantara, Andi Harpeni. 2019. Soal Matematika Model Pisa: Alternatif Materi Program Pengayaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 12(2):197–213. doi: 10.30863/didaktika.v12i2.186.

Gustiningsi, Tria. 2016. Pengembangan Soal Pengayaan Model PISA Level 4 Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA 2(2):198–213.

Husna, M., and Siti Fatimah. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang 1(2):81–92.

Lenaini, Ika. 2021. Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah 6(1):33–39.

McAllister, Brooke Anne, and Lee A. Plourde. 2008. Enrichment Curriculum: Essential for Mathematically Gifted Students. Education 129(1).

Purba, Dianti, Zulfadli Nasution, and Roslian Lubis. 2021. Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) 4(1):25–31.

Rahmawati, Eka, Annajmi, and Hardianto. 2016. Analisis Kemampuan Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Matematika 2(2):1–5.

Rais, Hidayati. 2019. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Pada Mata Kuliah Teori Bilangan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Mat-Edukasia 4(1):71–77.

Renzulli, Joseph, and Sally Reis. 2007. A Technology Based Program That Matches Enrichment Resources with Student Strengths. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET) 2(3).

Rizkita, Lutfi, Hadi Suwono, and Herawati Susilo. 2016. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa SMA Kota Malang. Pp. 771–81 in Prosiding Seminar Nasional II Tahun.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sutrisna, Nana. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian 1(12):2683–94.

Published
2022-09-28
Abstract viewed = 114 times
pdf downloaded = 69 times