Analisis Distribusi Taksonomi Bloom Soal Penilaian Akhir Semester Matematika di SMP Negeri 1 Wonopringgo 2020/2021

  • Riska Amalia Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Salafudin Salafudin Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Mikke Novia Indriani Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Keywords: Kualitas Teoritis, Taksonomi Bloom, Kualitas Empiris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal dari aspek teoritis dan empiris serta untuk mengetahui distribusi tingkatan ranah kognitif taksonomi bloom revisi pada soal Penilaian Akhir Semester (PAS) mata pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kombinasi (Mixed Method) dengan menggunakan model Sequential serta pendekatannya melalui exploratory strategy. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data secara kualitatif menggunakan teknik analisis data validitas isi menurut Gregory, dan pencocokan jenjang ranah kognitif. Analisis data kuantitatif menggunakan program berbantuan SPSS version 22.0. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Wonopringgo, dengan banyak sampel 72 siswa dari populasi 256 siswa per setiap tingkatan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segi teoritis soal memiliki validitas isi “sangat tinggi” artinya soal layak digunakan. Distribusi tingkatan ranah kognitif soal kelas VII sudah terpenuhi semua, soal kelas VIII belum ada jenjang C5 dan soal kelas IX belum ada C4 dan C6. Soal PAS ganjil matematika kelas VII, VIII, dan IX memiliki kualitas baik sebab soal kategori valid lebih banyak, reliabilitasnya tinggi, tingkat kesukaran soal kategori sedang lebih banyak dan daya beda pada kriteria baik dan baik sekali juga lebih banyak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, D., Kusno, & Ahmad. (2018). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Klaster 1 Kabupaten Banyumas Berdasarkan Taksonomi Bloom Dua Dimensi. Purwokerto: Journal Of Mathematics Education, 4 (1), 104.

Arlini, H., Humairah, N., & Sartika, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair dengan Tekik Advance Organizer. Sulawesi Barat: Jurnal Sintifik, 3 (2), 184.

Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Mata Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Makassar: Al-Asma: Journal of Islamic Education, 1 (1), 12.

Hanafi, M., Wulandari, K. N., & Ni’mah. (2019). Analsis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thingking ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Tanggerang: Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) UMT, 47.

Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Ghare terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Lampung: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4 (2), 117.

Lestari, S., Wardana, M. Y., & Rahmawati, I. (2019). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Kecamatan Petarukan Tahun 2018/2019. Semarang: ESJ: Elementary School Journal, 9 (2) 122.

Muharromah, M. M. (2020). Anasisi Butir Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial MTs Darul Muna Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.3.

Novi. (2018). Analisis Soal Ulangan Harian Biologi SMP pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Sumatera Barat: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 4 (2), 33.

Nurjanah, & Marlianingsih, N. (2015). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dari Aspek Kebahasaan. Jakarta: Faktor Jurnal Ilmu Kependidikan, 2 (2), 70.

Rofiqoh, I. (2011). Analisis Butir Soal Ujian Madrasah Mata Pelajaran Fisika Menggunakan Taksonomi Bloom Ranah Kognitif Kelas XII MA Negeri Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan Fisika. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo. 62.

Salvina, N., Sidauruk, S., & Asi, N. B. (2019). Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Buatan Guru Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMK Jurusan Teknologi Dan Rekayasa Di Kabupaten Kotawaringin Timur Pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. PAlangka Raya: Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(1), 46-47.

Sitorus, A. P., Wurarah, M., & Gedoan, S. P. (2017). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Buatan Guru Mata PElajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Remboken. JMSE: Jurnal Sains, Matematika, & Edukasi, 5 (1), 50.

Sutikno, M. S., & Hadisaputra, P. (2020). Penelitian Kualitatif. Lombok: Holistica Lombok. 189.

Ulum, M. (2017). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Pada Mata Pelajaran Ekonomi KD 3.1 Pendataan Nasional Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Gresik. Surabaya: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5 (3), 1.

Yani, A., Asri, A. F., & Burhan, A. (2014). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor Soal Ujian Semester Ganjil Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri 1 Indralaya Utara Tahun Pelajaran 2012/2013. Palembang: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(1), 102.

Published
2022-09-29
Abstract viewed = 161 times
pdf downloaded = 86 times