Pengembangan Bahan Ajar Perbandingan Terintegrasi Challenge Based Learning dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • Nur Hafidh Ash-Showy Universitas Negeri Semarang
  • Adi Satrio Ardiansyah Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Ainun Niam SMP Negeri 1 Karangtengah
  • Sumarti Sumarti MTs Negeri 2 Brebes
  • Nurul Qomari MTs Negeri 2 Brebes
Keywords: Bahan Ajar, Perbandingan, Challenge Based Learning, STEM, Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kelayakan, keterbacaaan, dan respon siswa terhadap pengembangan bahan ajar materi perbandingan yang terintegrasi Challenge Based Learning berpendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development) dengan model 4-D melalui tahap pendahuluan (define), perencanaan (design), dan pengembangan (develop) tanpa tahap penyebarluasan (Dessiminate). Hal ini dilakukan mengingat fokus penelitian adalah mengembangkan prototype bahan ajar matematika yang siap untuk diimplementasikan di kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan menggunakan lembar validasi oleh ahli dan praktisi, lembar keterbacaan oleh siswa yang sudah pernah menempuh materi tersebut, dan angket respon siswa untuk siswa yang sedang menempuh materi tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan prototype memperoleh skor akhir 85,49 untuk kelayakan isi dari ahli dan praktisi, 87,00 untuk keterbacaan dari siswa, dan 89,00 untuk respon siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar materi perbandingan yang terintegrasi Challenge Based Learning berpendekatan STEM layak untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dan dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Penelitian lebih lanjut perlu dilaksanakan dalam rangka mengkaji efektivitas bahan ajar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugerahwati, M. (2019). Integrating the 6cs of the 21st century education into the english lesson and the school literacy movement in secondary schools. KnE Social Sciences, 165-171.

Cahyono, B. (2017). Analisis ketrampilan berfikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau perbedaan gender. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 50-64.

Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Pada Materi Barisan Aritmatika. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 30-44.

Hooper, M., Mullis, I. V., Martin, M. O., & Fishbein, B. (2015). TIMSS 2015 context questionnaire framework. Timss, 61-82.

Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 53.

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577-585.

Nawawi, S. (2016). Potensi model pembelajaran challenge based learning dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis. In Seminar Pendidikan Nasional (Vol. 1, No. 1, pp. 153-164).

Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49-56.

Nurjanah, S., Khotimah, D. F., & Susanti, D. (2021, October). Mengintegrasikan Pendekatan STEM (Science, Technology Engineering and Mathematics) dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Daya Pikir Kritis Siswa. In PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar (Vol. 1, No. 1, pp. 24-32).

Rahayu, N., & Alyani, F. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121-136.

Snyder, L. G., & Snyder, M. J. (2008). Teaching critical thinking and problem solving skills. The Journal of Research in Business Education, 50(2), 90.

Widana, I. W., Parwata, I., & Sukendra, I. K. (2018). Higher order thinking skills assessment towards critical thinking on mathematics lesson. International journal of social sciences and humanities, 2(1), 24-32.

Published
2022-09-29
Abstract viewed = 156 times
pdf downloaded = 84 times