Pemanfaatan Smart Apps Creator sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android

  • Anna Maria H Helly Universitas Nusa Cendana
  • Diesnilya Belawaja Lagu Universitas Nusa Cendana
  • Irna Karlina Sensiana Blegur Universitas Nusa Cendana
Keywords: Android, Smart Apps Creator, Media Pembelajaran

Abstract

Tujuan dari kurikulum 2013 menekankan agar pembelajaran dapat memfasilitasi peserta didik dalam berkreativitas sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu dampak dari perkembangan pengetahuan dan teknologi yang dimaksud adalah “merakyatnya”  perangkat smartphone berbasis android di kalangan para siswa. Fenomena ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh guru dalam menunjang proses pembelajaran matematika di kelas, salah satu caranya dengan memanfaatkan fungsi android sebagai media pembelajaran. Artikel ini merupakan study literatur. Ditulis untuk membahas pemanfaatan Smart Apps Creator dalam mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis android. Lebih lanjut, terkait bagaimana desain media berbasis aplikasi ini dapat memfasilitasi hasil belajar matematika siswa juga dibahas dalam artikel ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa smart apps creator adalah aplikasi desktop yang dimanfaatkan untuk membuat aplikai dan iOS tanpa kode pemograman dan dapat menyimpan file dengan format HTML5, .exe serta apk. Media pembelajaran yang dihasilkan dari smart apps creator ini mudah diakses dengan smartphone android tanpa harus ada akses internet dan dapat memberi kemudahan dalam memfasilitasi siswa untuk belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming. Seminar Nasional Fisika (SNF) , 72-80.

Blegur, I. (2021). Kajian Interpolasi Dua Dimensi dalam Tabel Nilai Kritik Sebaran F Berbantuan Program Matlab. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 64-79. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i1.4034.

Habsy, A. (2017). Seni memahami penelitian kualitatif dalam bimbingan dan konseling : Studi literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Mattapa , 1(2),90.

Ichwan, M., & Hakiky, F. (2011). Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (API) pada Apllikasi Mobile Android. Jurnal informatika, 13-21.

Kalyuga, S. (2009). Managing cognitive load in adaptive multimedia learning. United Kingdom: IGI Global

Mahuda, I.,Meilisa, R.,& Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator DalamMeningkatkanKemampuanPemecahanMasalah. AKSIOMA, 10(3), 1745-1756. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma'shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan , 91-100.

Mayer, R. E., (2003). The promise of multimedia learning: using the same instructional design methods across different media. Learning and Instruction, 13(2), 125-139. https://doi.org/10.1016/S0959-4752(02)00016-6.

Nurhidayati, & Nur, A. M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Android Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Persebaran Indekos di Wilayah Pancor Kabupaten Lombok Timur. Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi , 51-62.

Setyadi, D., (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87-92

Suhartati, O. (2020). Flipped Classroom Learning Based on Android Smart Apps Creator (SAC) in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series , 1-7.

Wulandari, D. A., Murnomo, A., Wibawanto, H., & Suryanto, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning berbasis Android pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Sultan Trenggono Kota Semarang. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(5), 577-584. DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201965994.

Published
2022-09-29
Abstract viewed = 261 times
pdf downloaded = 192 times