Pengaruh Metode Inkuiri Berbasis Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Siswa Kelas VIII

  • Milda Yuliyani Universitas Pekalongan
  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan
Keywords: Keaktifan Siswa, Berpikir Kritis, Metode Inkuiri, Pola Bilangan, Video Pembelajaran

Abstract

Sebuah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dapat membuat siswa tertarik dalam pembelajaran, sayangnya matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak disukai oleh siswa karena dianggap sulit. Sehingga , perlu diterapkan sebuah metode pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalamĀ  belajar dan aktif pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini melihat pengaruh metode inkuiri dengan media video pembelajaran yang bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh metode inkuiri berbasis video pembelajaran dilihat dari peningkatan kemampuan berpikir kritis dan (2) meninjau keaktifan siswa SMP kelas VIII pada saat pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre test post test. Pre test dan post test digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan perhitungan uji gain. Penyebaran angket untuk melihat respon siswa terkait keaktifan siswa, dan pengisisan lembar observasi oleh pengamat untuk melihat keaktifan siswa serta keterlaksanaan pembelajaran. Hasil yang diperoleh metode inkuiri berbasis video pembelajaran kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan kriteria sedang dengan nilai rata-rata perhitungan mencapai 0,53 dan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode inkuiri dengan kriteria capaian tinggi dengan skor rata-rata 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustien, D. R. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Di Kelas XI MAN Stabat Kabupaten Langkat. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Kinanti, R. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Ekosistem Untuk Pembelajaran Biologi SMA. Skripsi. Universitas Jember.

Mardiah, S., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika menggunakan metode inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119-126.

Maryam, M., Kusmiyati, K., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 206-213.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150.

Prastica, Y., Hidayat, M. T., & Ghufron, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5(5), 3260-3269.

Laila. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V MIN 11 Kota Banda Aceh. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.

Rizkina, M. (2019). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Disertai Media Audio Visual Pada Materi Bakteri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di MAN 3 Aceh Besar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.

Shanmugavelu, G., Balakrishnan, A., Parasuraman, L., Ariffin, K., Kannan, B., & Vadivelu, M. (2020). Inquiry method in the teaching and learning process. Shanlax shanlax International Journal of Education. 8(3).

Suseno, W., Yuwono, I., & Muhsetyo, G. (2017). Peningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan pembelajaran kooperatif TGT. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1298-1307.

Ulansari, P. T., Ansori, I., & Yennita, Y. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 27-33.

Yanda, K. O., Jumroh, J., & Octaria, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 58-67.

Yulianti, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran based learning berbantukan teknologi informasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Skripsi. IAIN Palangka Raya.

Published
2022-09-29
Abstract viewed = 162 times
pdf downloaded = 102 times