Efektivitas Platform Rumah Belajar sebagai Sumber Belajar Digital di Era Kenormalan Baru

  • Maulana Arafat Lubis IAIN Padangsidimpuan
  • Johannes Johannes
  • Arbanur Rasyid
  • Nashran Azizan
Keywords: era kenormalan baru, Platform Rumah belajar, sumber belajar digital

Abstract

Dewasa ini seluruh sektor termasuk pendidikan membutuhkan teknologi yang dapat memudahkan seseorang dalam beraktivitas, seperti memperoleh sumber untuk belajar. Terobosan baru dalam dunia pendidikan ialah lahirnya sumber belajar digital yang diharapkan sebagai wadah dalam membantu pendidik dan peserta didik dalam memperoleh informasi.  Terobosan baru yang dimaksud ialah platform Rumah Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pendidik terhadap efektivitas pada platform Rumah Belajar. Riset ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah probability sampling dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan software STATCAL versi Oktober 2021. Hasil penelitian memaparkan bahwa dari total 129 guru SD/MI di Kota Padangsidimpuan yang disurvei. Sebanyak 124 (95,98%) guru menyatakan platform Rumah Belajar termasuk sumber belajar digital terkategori efektif, sehingga dapat dijadikan pusat informasi dalam memperoleh referensi sesuai materi pembelajaran di era kenormalan baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo.
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2021). Survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Tahun 2019-2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). https://apjii.or.id/survei
Azizan, N., Lubis, M. A., Gio, P. U., & Marhamah. (2021). Respon Mahasiswa PGMI terhadap Platform Wakelet untuk Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 1–18. http://194.31.53.129/index.php/IBTIDAIYAH/article/view/3567/pdf
Best, J. W., Kahn, J. V., & Jha, A. K. (2017). Research in Education (Kesepuluh). Pearson India Education Services Pvt.
Eka Yuda Wibawa, A. (2021). Implementasi Platform Digital sebagai Media Pembelajaran Daring di MI Muhammadiyah PK Kartasura pada Masa Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 1(2), 76–84. https://doi.org/10.47353/bj.v1i2.15
Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. R. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. https://pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/
Fauzan, & Lubis, M. A. (2020). Perencanaan pembelajaran di SD/MI: dilengkapi tutorial penyusunan perangkat pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Kencana. www.prenadamedia.com
Gio, P. U., & Caraka, R. E. (2018). Pedoman Dasar Mengolah Data dengan Program Aplikasi STATCAL. USUpress.
Hamzah, A. (2019). Penelitian Berbasis Proyek Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Kajian Teoritik & Contoh-contoh Penerapannya. Literasi Nusantara.
Indriyani, D., & Solihati, K. D. (2021). An Overview of Indonesian’s Challenging Future: Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.053
Jannah, I. N. (2021). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Kualitatif pada Siswa Kelas V SDN Betet 3 Kediri) [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/67761/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2021). Rumah Belajar. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://belajar.kemdikbud.go.id/
Kurnia, T. (2019). Skor Terbaru PISA: Indonesia Merosot di Bidang Membaca, Sains, dan Matematika. Liputan6. https://www.liputan6.com/global/read/4126480/skor-terbaru-pisa-indonesia-merosot-di-bidang-membaca-sains-dan-matematika
Lathifah, Z. K., & Utami, I. I. S. (2021). Bimbingan Teknis Aplikasi Portal Rumah Belajar pada Praktik Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Warta LPM, 24(2), 367–379. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13529
Leavy, P. (2017). Research Design (Quantitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches). The Guilford Press.
Madya, S. A., & Abdurahman. (2021). Online Learning Implementation in the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the Ninth International Conference on Language and Arts (ICLA 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.210325.005
Nada, A. A. R., Pertiwi, N. H., Pramesti, A. A., & Qirana, A. (2021). Usaha Pemberian Layanan yang Optimal Guru BK Pada Masa Pandemi COVID-19. UAD Press. https://books.google.co.id/books?id=Szk1EAAAQBAJ&pg=PR1&lpg=PR1&dq=Affa+Azmi+Rahman+Nada&source=bl&ots=Kn3cGAFW5u&sig=ACfU3U1lg3rvySvaJGraVsqKmThT_p1heg&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwiWsZnVodnzAhVCILcAHYCTCSYQ6AF6BAgMEAM#v=onepage&q=Affa Azmi Rahman Nada&f=false
Nurhayati, A. S., Utari, I., Mutmainah, S., Hamidi, J., & Warsita, B. (n.d.). Pedoman Pemanfaatan Portal Rumah Belajar “Strategi Pembelajaran Berbasis TIK Memanfaatkan Rumah Belajar.” Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/uploads/tipe_pelatihan/80c2c010011b10ce0aa1e51a76bbfbd1.pdf
Nurjat, N. (2019). Evaluasi Platform Rumah Belajar. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/nurhayatinurjat/5d4d2d90097f3676f75854b2/evaluasi-platform-rumah-belajar?page=2&page_images=1
Ruel, E., III, W. E. W., & Gillespie, B. J. (2016). The Practice of Survey Research (Theory and Applications). SAGE Publications India Pvt. Ltd.
Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud. (2016). Desain induk gerakan literasi sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. https://pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/
Sofia, H. (2020). Rano “Si Doel” Karno ajak siswa optimalkan Rumah Belajar Kemendikbud. Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/1452827/rano-si-doel-karno-ajak-siswa-optimalkan-rumah-belajar-kemendikbud
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syifa, P. (2021). Penerapan Aplikasi Rumah Belajar Sebagai Sarana Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren [Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi]. http://repository.uinjambi.ac.id/8283/1/Putri Syifa_204172704.pdf
Warsita, B.-. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 65–78. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.355
Yanuarti, R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk Meningkatkan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Daerah Tertinggal Utilization of ‘Rumah Belajarâ€TM to Enhance Left Area Teachersâ€TM Competency on Information and Communication Technology. Jurnal Teknodik, 123–136. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.514
Published
2021-11-19
Abstract viewed = 318 times
PDF downloaded = 208 times